perkembangan teknologi PENYIMPAN DATA

       PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENYIMPAN DATA

Dulu orang pertama kali menyimpan data-data penting dari komputer ke dalam kepingan Disket  karena memang itulah media penyimpanan yang sedang trend saat itu. Tapi sekarang  karena pesat perkembangan teknolgi tak bingung lagi untuk menyimpan data dalam jumlah banyak dan besar, karena perkembangan teknologi komputer yang begitu pesat maka kepingan disket dan rumitnya menyimpan data ke dalam disket telah tergantikan dengan USB flashdisk yang lebih MODERN.
            

Kini hampir setiap orang lebih banyak menggunakan Flashdisk dibanding Disket, seiring semakain berkembangnya teknologi  kini flashdisk telah menggusur penggunaan disket,Karena flashdisk lebih ekonomis dan juga lebih besar juga kapasitasnya dari pada disket. apa saja kelebihan flashdisk? Contohnya dari segi bentuknya saja flashdisk lebih simple, bisa di kantongi u/di bawa kemana-mana.

 Sebelum adanya flash disk, orang membutuhkan Flopydisk / disket  cukup banyak untuk menyimpan data-data yang besar memorinya, karena kapasitas disket yang lebih kecil tidak bisa mencakup terlalu banyak data-data yang akan orang simpan.Berbeda dengan halnya sekarang Dengan adanya flashdisk yang semakin  besar kapasitasnya, dan lebih simple bentuknya..orang tidak perlu lagi membeli banyak disket untuk menyimpan data-data yang cukup besar.

Cukup dengan  menggunakan 1flashdisk orang sudah bisa menyimpan data-data yang di ingnkannya’seperti menyimpan , dokumen, gambar, program, mp3, video bahkan system operasi seperti Linux bisa kita masukkan ke flashdisk dengan  ukuran memori yang cukup besar .Dengan keunggulannya yang cukup memuaskan maka flashdisk sekarang lebih banyak di gunakan orang untuk melakukan penyimpanan data. Memang dulu flashdisk merupakan barang langka, karena dulu flashdisk     harga nya itu sangat  mahal, untuk memebeli flashdisk yang kapasitas nya 512MB saja kita perlu mengeluarkan uang 500 ribu jadi piker-pikir dulu kalau mau beli. Tapi Sekarang harga flashdisk semakin menurun dikarenakan persaingan berbagai merk flashdisk yang ada sekarang ini, mulai dari MyFlash, Kingston, Sandisk, Apacer, Corsair, Transcend, Nexs, Patriot, Toshiba,dll.

Bagaimana cara memilih flashdisk yang bagus? Bila anda akan membeli flashdisk, pertama – tama.

  • pilihlah kapasitasnya yang sesuai dengan kebutuhan anda terutama dalam jangka waktu yang cukup panjang

 

  • .kemudian pilih merek yang sudah cukup familiar, itu menjamin keawetan barang yang kita akan beli.

 

 

  • jangan memilih sembarang merek karena itu akan mengurangi kualitas/keawetan flashdisk itu sendiri,

 

  •  jangan lupa juga kita TES kecepatan dalam transfer data ini juga  merupakan bagian terpenting.  karena bila kecepatan transfer data pada flashdisk yang anda pilih lambat maka transfer copy – paste data akan lambat pula.
  • Garasi sebisa mungkin life time, namun pemakaian rata-rata flashdisk pada umumnya hanya sekitar 2 hingga 3 tahun, bisa karena bosan memakainya atau mungkin Anda membutuhkan kapasitas yang lebih besar. Hal inilah yang menjadi dasar anggapan bagi sebagian orang bahwa masa garansi cukup hanya 2 hingga 3 tahun.
  • Pilihlah flashdisk yang handal dan memiliki service center yang jelas. Anda harus memastikan kebenaran informasi mengenai produsen dan distributornya, dan cara menghubungi mereka. Hal ini berguna jika Anda semisal mengalami masalah dengan flashdisk, atau klaim garansi, ketika outlet tempat Anda membeli flashdisk tidak bersedia melayani klaim Anda.

Ada sedikit tips dari saya:

 Untuk merawat dari sisi luar flashdisk kita tidak ada salahnya untuk menghindarkan flashdisk dari kontak air secara langsung dan  dari suhu panas dan dingin yang berlebihan, Hindari memukul-mukulkan dan menjatuhkan flashdisk, agar komponen di dalamnya tidak rusak dan Jauhkan dari medan magnet tinggi seperti speaker komputer agar penyimpanan data tidak terganggu.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s